Kamis, 14 Februari 2019

Penderita Retinoblastoma, Tilar Negara Akan Dirujuk Ke RS Provinsi

Tilar Negara, Penderita Penyakit Kanker Retinoblastoma

Mataram / matantb.com-
Tilar Negara bocah penderita kanker mata yang kini di rawat di Rumah Sakit Tripat Lombok Barat rencananya akan di pindahkan ke Rumah Sakit Provinsi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Rencananya Tilar akan di rujuk ke Rumah Sakit Sanglah Bali. Namun sebelum ke RS Sanglah, Tilar akan di rujuk ke RS Provinsi. Anggota DPD RI dapil NTB yang konsen terhadap kondisi Tilar, Baiq Diyah Ratu Ganefi menyampaikan dirinya telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Kesehatan untuk mengambil tindakan medis yang lebih maksimal terhadap Tilar. 
Seperti di ketahui kondisi Tilar saat ini membutuhkan penanganan medis untuk penyakit kanker yang lebih serius. 

Sementara di RS Tripat tindakan medis yang di lakukan adalah untuk memulihkan asupan gizi Tilar sebelum di rujuk dan di ambil tindakan medis khusus penderita kanker.

Baiq Diyah juga telah berkordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB untuk merujuk Tilar ke RS Provinsi NTB. Di rujuknya Tilar ini ujar senator yang populer dengan jilbab orens ini karena kondisi kanker mata yang di deritanya masuk dalam stadium empat dimana di butuhkan segera tindakan medis yang lebih refresif. Namun pemindahan Tilar masih terkendala dengan kartu BPJS. Meski sejumlah pihak telah mengupayakan pembuatan kartu BPJS namun prosedur penerbitan kartu BPJS membutuhkan waktu yang cukup panjang.

"Masih persoalan yang sama yakni belum terbitnya kartu BPJS Tilar, ini yang sedang di upayakan semoga saja bisa segera terbit," paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Dr. Nurhandini Eka Dewi menjelaskan rujukan berjenjang dari RS Tripat ke RS Provinsi di lakukan karena fasilitas di RS Provinsi lebih lengkap. Seperti di ketahui RS Provinsi NTB kini memiliki alat kemoterapi yakni radiograpi serta memiliki dokter spesialis. Terkait pembiayaan perawatan di RS Provinsi kata Dr. Eka melalui BPJS.

"Iya kita memiliki fasilitas kemoterapi, ini rujukan berjenjang, sangat penting bagi penderita kanker, mengenai biaya perawatan kan lagi di urus BPJS nya, seandainya petunjuk medis mengharuskan segera di rujuk tetapi BPJS nya belum jadi nanti kita kordinasi dengan Pemkab Lobar," jelas Dr. Eka.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ahsanul Khalik mengatakan pembuatan BPJS untuk Tilar dalam proses. Kemungkinan BPJS Tilar akan di terbitkan pada tanggal 21 ini. Selain melalui BPJS pembiayaan perawatan Tilar bisa di bantu melalui Baznas atau CSR perusahaan serta pihak ketiga.

"Ada beberapa opsi untuk menanggulangi pembiayaan Tilar selain BPJS, ada Baznas ada CSR atau pihak pihak lain yang mau membantu, BPJS Tilar sendiri setelah saya kordinasi dengan Disos Lobar kemungkinan kartunya bisa di terbitkan pada tanggal 21 Februari nanti," pungkasnya.(RB82).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar